fbpx

Apa Itu Digital Marketing?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Kalau didefinisikan Digital Marketing adalah semua upaya marketing menggunakan perangkat elektronik yang terhubung dengan online / internet. Menggunakan beragam strategi marketing dan media digital dimana kamu bias berkomunikasi dengan calon konsumen yang menggunakan media online dalam kesaharian mereka. 

Jadi digital marketing itu Intinya segala sesuatu cara marketing barang/jasa kamu lewat online.⁣⁣ Kalau kamu pakai sosial media buat jualan juga sudah termasuk jalanin digital marketing. Kalau jualan di market place? Iya itu juga digital marketing.

jasa-landing-page-website

Penggunaan Internet dan media digital lainnya lalu dengan perkembangan teknologi untuk terus mendukung ‘pemasaran modern’ telah memunculkan serangkaian label dan jargon yang diciptakan oleh akademisi dan profesional. Ini lah yang disebut Digital Marketing / Internet Marketing, e-marketing dan web marketing. Nah loh, kok jadi bisa ada 4 frasa ya? Namun jangan bingung istilah-istilah alternatif ini bervariasi sepanjang waktu. Frasa yang paling popular adalah Digital Marketing dikarenekan frasa ini lebih general dan dinilai lebih bisa beradaptasi seiring dengan kemajuan teknologi.

Traditional Marketing Vs Digital Marketing

Penting untuk diingat bagi kita bahwa hanya karena Digital Marketing menggunakan teknik komunikasi yang berbeda dengan Traditional Marketing, tujuan akhirnya selalu sama yakni “Pemasaran” atau arti dari Marketing itu sendiri. “Pemasaran adalah proses manajemen yang dapat dipertanggung jawabkan untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan kebutuhan pelanggan yang  menguntungkan”.

Lalu Digital Marketing memiliki definisi lanjutan yang ada pada Identifikasi – Internet dapat digunakan untuk riset pemasaran untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan Mengantisipasi – Internet menyediakan saluran tambahan di mana  pelanggan dapat mengakses informasi dan melakukan pembelian – mengevaluasi permintaan ini adalah kunci untuk mengatur alokasi sumber daya.Memuaskan – faktor kunci keberhasilan dalam pemasaran digital adalah mencapai kepuasan pelanggan melalui saluran digital, yang menimbulkan masalah seperti: apakah situs itu mudah digunakan, berkinerja memadai, apa standar layanan pelanggan terkait dan bagaimana produk fisik dikirim ? Mengoptimalkan pemasaran digital bisa rumit, dan definisi sederhana tidak harus diterjemahkan menjadi sesuatu yang berguna untuk mencapai tujuan bisnis. 

Digital Marketing dapat membantu memecah pemasaran digital menjadi lebih mudah untuk mengelola area yang kemudian dapat direncanakan, dikelola, dan dioptimalkan.Jadi, pemasaran digital adalah tentang memanfaatkan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran . Tidak ada kebutuhan penting untuk Digital Marketing untuk selalu terpisah dari Departemen Marketing / Pemasaran secara keseluruhan, karena tujuan keduanya sama. Namun, untuk saat ini, ini tetap mempunyai istilah khusus karena pemasaran digital memerlukan keahlian tertentu untuk memanfaatkan teknologi digital secara efektif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *